Sabtu, 12 Maret 2011

Spesialis Kedokteran penerbangan

Tiap ada yg nanya gw sekolah apa, truz gw jawab sekolah spesialis kedokteran penerbangan, kebanyakan orang bakal bilang"emang ada yah?ngapain aja itu?"

Well, baiklah saya akan menjelaskan biar lebih melek ttp spesialisasi ini :)

Spesialisasi ini emang baru dibuka sekolahnya di UI. Gw angkatan pertama, jd akan tertulis nama gw di sejarah sekolah spesialis kedokteran penerbangan sebagai 11 murid pertama di spesialisasi ini *penting banget deh*

So spesialisasi ini ngapain aja yah?jadi namanya spesialisasi kedokteran penerbangan ruang lingkupnya adalah bandara, sekitar banda hingga keluar angkasa.jd calon pasien kita dari groundcrew sampe pilot. Terutama c pilot yah karena mereka ini faktor utama yg menentukan keselamatan para penumpang pesawat. Selain itu juga kita juga harusnya jd konsultan transportasi pasien melalui udara. Karena kondisi dalam pesawat yg berbeda dgn keadaan di permukaan bumi, tentunya ada beberapa hal yg hrs diperhatikan saat tranportasi pasien melalui udara. Selama ini yg dikonsultasikan biasanya dokter spesialis biasa, dimana mereka jg ga aware ttg kondisi pressurized cabin di pesawat

Apa yg harus disiapin kalo mau masuk spesialisasi ini? Persiapan mental tentu penting, surat juga, toefl kl bs diatas 550, wwancara,tes psikologi. saat semester satu kita akan ada praktikum aerofisiologi, nyobain hipobaric chamber, HUET, ejection seat, dll. Nah pas praktikum ini bebener2 persiapan mental. Contohnya praktikum HUET dimana kita masuk ke chamber simulasi helicopter truz musti usaha escaping dr chamber yg dimasukkn k dlm air. Lumayan bkndeg2an deh ini praktikum.

Enaknya spesialisasi ini adalah kita ga ada jag, kuliah 3 kali seminggu dan banyak teloransi,

Berhubung gwbr masuk semester dua itu aja yg bs dishare..mudah2aan sempet updayte lg >̴̴̴̴̴͡.̮Ơ͡

Powered by Telkomsel BlackBerry®

23 komentar:

  1. Halo dok,
    Saya berminat sama spesialis kedokteran penerbangan, tapi sayangnya masih sedikit info2 tentang kedokteran penerbangan :( mungkin karena masih baru..
    Saya mau tanya, Kalo udah lulus nanti kerjanya selain di bandara di mana aja ya?
    Terima kasih ya dok.

    BalasHapus
  2. hi thella, untuk SpKP lapangan kerjanya selain jadi dokter bandara, bisa jadi dokter di departemen perhbungan untuk tes kesehatan awak pesawat, bisa jadi dosen, bisa di maskapai.

    BalasHapus
  3. Oo gitu ya dok, berarti sebenernya cukup luas juga ya lingkup kerjanya..

    Saya masih punya beberapa pertanyaan lagi nih dok, mudah2an dokter berkenan menjawab.. Maaf ya jadi tanya2 melulu, soalnya bingung mau cari info ke mana lagi >_<

    1. Kalau ujian masuknya itu ada teori kedokteran penerbangannya juga ya dok? saya mau tanya buku yang bagus untuk belajar tentang ilmu ini apa ya? saya coba cari2 tapi kayaknya masih langka (ga ada yang jual n harus order dari luar negeri).. ada rekomen enaknya belajar dari mana ya?

    2. Pendaftaran sekolahnya untuk tahun ini dibuka lagi bulan apa ya dok?

    Terima kasih banyak ya dok udah dijawab pertanyaanku :D maaf banget kalo jadinya ngerepotin..

    BalasHapus
  4. kalo angkatan saya tidak ada teori kedokteran penerbangan, tapi untuk angkatan yg mau masuk tahun ini katanya akan ada test teori juga yah. kalo untuk buku, bisa pake ernsting cari aja di google books ada kok.
    pendaftarannya kayaknya dibuka trus tapi test masuknya unutk periode juni/juli.

    BalasHapus
  5. Oh jadi bukunya Ernsting ya..

    Yang bulan juni/juli itu mulai pendaftaran barunya ya.. Berarti kalo saya mau daftar buat tahun ini belom telat ya dok?

    BalasHapus
  6. Dok, saya minat penerbangan dari keciL... pengen jadi piLot. tapi entah kenapa ortu pengen anaknya jadi dokter... kebetulan ada spesiaZLisasi yg bisa mengakomodir minat saya d dunia penerbangan,,,,meski gak jadi piLot... sebenarnya saya maw nanya banyak,,, mungkin dokter ada ym,gtaLk, atau pin bb yg bisa di-share... makasih sebeLumnya Dok. circuluswillisi@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. RT mas arya hehe, numpang izin dok , konsul via email, thanks

      Hapus
  7. mau tanya dok, apakah rata2 yang sedang ambil spesialis KP dari dokter TNI AU? atau orang awam? btk

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang kebutuhannya dari TNI AU mungkin lebih besar, di angkatan saya saja ada 4 orang dari TNI AU dari total siswa 11 orang tetapi dokter yang dari institusi lain atau pribadi yang minat pu ada

      Hapus
  8. dr. Resna, saya kerja di BMKG sebagai dokter umum. Saya ingin mengembangkan karier saya dan saya berminat untuk melanjutkan sekolah di spesialis kedokteran penerbangan. Apakah dengan latar belakang ini, saya mendapat poin plus ketika akan mendaftar di pendidikan Sp.KP nanti? Terima kasih, dr. Resna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak bisa menjawab dok. mungkin kalo anda dikirim dari institusi anda bisa jadi nilai lebih.

      Hapus
  9. Salam, Dokter.

    Wah, saya baru tau ada spesialis Kedokteran Penerbangan. Oya, dokter, mau nanya, untuk masuk spesialis ini ada batasan tinggi badan minimal tidak ya? Kalau ada, untuk perempuan berapa cm? Terima kasih dokter

    BalasHapus
  10. temen gw litacha tamlicha katany masuk di spesialis ini. kenal gak dok? salam yaaa.
    d>anjani

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, tapi tacha sudah mengundurkan diri :)

      Hapus
  11. wow menarik sekali.... kalau saya mau tanya info lebih lanjut saya harus hubungi kemana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. butuh info untuk pendaftaran kah?
      bisa ke bagian pendaftaran PPDS di makmal FKUI :)

      Hapus
  12. dok, untuk prospeknya ke depan Sp.KP bagaimana?? berapa biaya sekolahnya dan berapa lama pendidikannya? makasih...

    BalasHapus
  13. Ass mau nanya dok, itu salah 1 syaratnya ada "surat", maksudnya itu surat apa ya dok?? Surat rekomendasi gtu dok?? Emg itu harus ada dok?? Dari pilot atau dokter atau bagaimana dok??terimakasi

    BalasHapus
  14. Dok apa hanya di UI yang buka spesialis kedokteran penerbangan?

    BalasHapus
  15. Dok, bs minta nmr atau jejaring sosial yg bs di hubungi

    BalasHapus
  16. Halo Dok,salam kenal dari Kendari.
    Saya tertarik Sp.KP ini.. Boleh saya bertanya dok?Yg saya tanyakan berapa biaya yang dihabiskan dokter per tahunnya? (menurut Pengalam an pribadi dokter)... Mengingat praktikumnya yg melibatkan helikopter dsb jadi agak keder soal biaya nih dok..
    Thx b4 atas jawabannya.

    BalasHapus
  17. batas umur utk ambil jurusan ini brp ya?!
    Soalx saya sudah 37th, nd sudah mnjdi dokter di klinik saya pribadi..

    BalasHapus

© ME AND MINE 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis