Kamis, 24 Maret 2011

PHOTO SCAPE

Saya yakin semua ibu-Ibu itu jadi narsis foto anaknya setelah punya anak..karena saya pun begitu *shy*. Nah dulu kadang suka pengen foto-foto anak saya, qila di compile dalam satu page atau dikasi frame supaya lebih lucu. Tentunya semua orang yang saya Tanya tentang software edit photo mengajukan nama adobephotoshop. Tapi software ini berat dan butuh keahlian yang lebih lanjut buat menggunakannya (maksudnya belajar dulu gitu). Sayapun sudah coba-coba belajar, tapi tetep aja ribet dan softwarenya berat. Kalo pake notebook yang biasa saya pake kabnyakan hangnya daripada ngedit photonya.
Disaat itulah saya melihat foto-fotonya sepupu suami kok bisa jadi lucu yah editannya, saya pikir dia jago pake adobe photoshop. Eh tapi kok dis tatus facebooknya dia sebut-sebut photoscape. Ya sudah saya meluncurlah ke mbah google dan googling tentang photoscape. Daaan I am falling in love with photoscape as a software buat edit foto
Nah fitur yang bisa digunakan di photoscape ini antara lain edit photo, combine beberapa photo secara horizontal atau vertical jadi satu photo , membuat satu photo dengan menyatukan dalam beberapa frame dlm satu halaman, mengubah file raw jadi jpg, membuat animasi dari beberapa photo, ngeprint calendar, dan memotong photo jadi beberapa bagian (spilt foto).
Ini beberapa screencapture dari photoscape:

photoscape 1 halaman mukanya photoscape, bisa dilihat fitur-fitur yang bisa digunakan

photoscape 2 bagian edit foto, bisa ngecrop, bisa nambah caption, atau gambar-gambar lucu

photoscape 3 this is my favorit, menyatukan foto dalam satu halaman dengan berbagai bentuk susunan foto dalam satu halaman
photoscape 4 bagian batch editor jadi bisa edit foto dari beberapa file foto pilihan

photoscape 5 bagian combine, ini combine 3 photo secara horizontal

jadi menurut saya,kelebihan dari photscape adalah :
  1. Murah, ga perlu beli softwarenya, software yang asli tentunya mahal yaa. Software ini tinggal modal internet aja truz download deh.
  2. Ukuran softwarenya tidak terlalu besar, tidak sebesar software canggih macam adobephotoshop jadi tidak memakan banyak tempat di computer dan bahkan bisa digunakan di notebook mini.
  3. Fiturnya sudah cukup banyak dan bisa memenuhi kebutuhan saya yang cuma butuh software edit foto buat dikasi tulisan, diterangin, digelapin, dicombine, dikasi frame 
Dan tentu saja selain kelebihan juga ada kekurangannya, kekurangannya antara lain :
  1. Ukuran foto terbatas. Dia paling besar Cuma bisa 2400x1200 pixel kayaknya. Lebih dari itu ga bisa. Tentunya beda ma adobe photoshop yang bisa bikin photo dengan ukuran yang besaaar.
  2. Untuk fitur crop photo juga cuma bisa bentuk kotak dna bulat saja. Ga bisa crop sebentuk gambar tertentu buat dipindah ke gambar lain.
  3. Kalo di adobe photoshop kan ada layer-layer jadi kalo kita salah di layer tertentu bisa dihapus dan edit dari layer terakhir, nah kalo disini kalo udah salah paling Cuma bisa diundo aja itu pun jumlah undonya terbatas. Tapi berhubung editnya juga ga heboh, fasilitas undo ini ga terlalu penting kok.

Maaf yah perbandingannya dibandingkan dengan adobephotoshop saja, soalnya emang baru tahu itu aja. Itupun terbatas tahunya.heheheh
Overall menurut saya software ini layak dicoba buat ibu-ibu yang males belajar(dan males beli software editing photo) supaya tetep bisa eksis bikin foto anaknya lebih lucu 

Software ini bisa didownload gratis di websitenya photoscape

Cheers

Resna

*Bundanya qila*

0 komentar:

Posting Komentar

© ME AND MINE 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis