Sabtu, 03 April 2010

baby stuff versi bundanya qila

Notes ini gw tulis buat para ibu baru yang masih bingung mana yang butuh mana yang gak…ini versi bundanya qila yah…mungkin banyak versi lain karena tiap bayi kebutuhannya beda..
1. Fashion
- Baju lengan panjang
Cukup beli 3 biji aja…biasanya gw make baju tangan panjang buat malem aja ..karena malem aqila dipakein pampers biar tidurnya nyenyak jadi bajunya ga akan kebasahan jadi ga perlu banyak baju ganti
- Baju lengan pendek
Kalo yang ini agak dilebihin yah..tapi 6 buah aja
- Gurita
Yang ini gw beli 6 buah dan gak kekurangan..Cuma bisa dipake seminggu sampe qila puput pusernya..ga direkomendasikan dokter c Cuma agak serem yah kalo ga pake gurita and tali pusernya belum puput jadi keplek2 tuh talipuser denga kasanya…
Yang perlu diinget c ngiketnya jangan kenceng2..gurita ini kan bisa berfungsi menggantikan kaos dalem supaya si baby ga kedinginan
- Popok
Kalo berniat jarang menggunakan pampers jumlahnya musti banyak ato kita musti cepet nyucinya karena baby baru lahir sering pup and pipis…
Gw beli 1,5 lusin kalo abis langsung beralih ke diapers disposable..kalo pake diapers jenis ini kita musti perhatian jangan ampe karena ga tembus dibiarin ajah..kalo baru lahir diganti tiap 3 jam kalo dia gak pup kalo pup harus segera ganti tentunya
Gw juga make ini Cuma seminggu ajah…
- Kain Bedong
Ini sepaket ma popok kalo popok basah maka bedongnya ikutan basah…kalo kain bedong bisa dipake lebih lama karena bisa jadi alas ompolnya baby
Alas an gw pake popok and bedong Cuma seminggu karena aqila tuh ga mau diem..kakinya gerak-gerak terus ampe bedongnya lepas and jadi keburai semua deh…bikin perut and kakinya kemana2..jadi seminggu gw langsung stop pake bedong and memakaikan celana ke aqila jadi lebih aman and nyaman buat dia…
Kaen bedong ini tetep berguna buat alas ompol ampe sekarang..
- Kaos dalem
Ini 6 buah aja cukup kayaknya…kalo bayinya jarang muntah yg bisa ngebasahin semuanya setiap hari 2 buah kan cukup…yang ukuran newborn bisa dipake ampe usia 3 bulanan ato lebih malah…qila yg beratnya 6,6 kg di usia dua bulan masih muat tuh singlet yg newbornnya
- Celana panjang
Ini musti agak banyak kalo mau jarang pake pampers..gw beli 1,5 lusin…
Ini juga sering ga cukup karena qila sering pipis and akhirnya kadang gw langsung nyerah dan memakaikan diapers disposable
- Celana pop
Buat anak cewe celana pop buat pasangan dress nih…3-6 buah cukup kok
- Jumper
Ini favorit gw..lucu liat qila pake jumper…jumper carter yang isi 5 itu recommended buat dibeli tuh!
- Kaos kaki
Gw dapet hadiah kaos kaki banyak…akhirnya qila punya kaos kaki 2 lusin..hehehehe
- Kaos tangan
Selain buat menghangatkan tangannya kaos tangan ini juga berfungsi mencegah muka bayi tercakar2 oleh tangannya sendiri..karena sitangan bayi tak mau diem selalu garuk2 muka…
Tips : Beli baju bayi jangan banyak2 karena bayi uth cepet gede…belum lagi kalo baru lahir nanti banyak yg ngasi kado..jadi daripada Cuma kepake satu dua kali ajah mending ditahan dulu tuh nafsu liat baju bayi yang lucu2..terutama buat para ibu yg bayinya cewe
2. Breastfeeding needs
Buat para ibu asi ini nih yang diperlukan :
- Nursing apron
Membantu menutupi saat menyusui baby di tempat umum..jadi bisa pergi2 tanpa harus merah asi dulu supaya ga malu buka baju buat nyusuin
gw beli di www. syaluna.multiply.com recommended bahannya bagus, motifnya lucu2 and harganya ga terlalu mahal (kalo belum naek lagi yah…)
- medela electric breast pump
top banget deh..waktu aqila baru lahir alat ini membantu buat membentuk and mengeluarkan nipple jadi babynya gampang mimik trus alat ini juga yang membantu mengeluarkan produksi asi yang berlebihan jadi bisa jadi tabungan asi
makenya gampang..ga dipegang cukup ditahan aja tetep jalan jadi sambil merah kita bisa baca majalah, buku atau fesbukan..huehhehehe
Cuma emang harganya rada mahal yah..waktu gw beli itu harganya 600an sekarang udh 700an kali…
- botol susu
ini macem2 merknya, yang dah pasti murah and aman katanya merk pigeon pake dotnya yang rubber..tapi kalo pada concern sama yang namanya bpa free itu ada medela, dr brown, tomeetippee…harganya pastinya jauuuh lebih mahal…gw c punya yg pigeon 1 sajah itu dari rs, truz avent dotnya lebih enak karena lebih gede jadi mulut bayinya ga kena tutup botol langsung tapi katanya belum bpa free padahal harganya juga lumayan, truz selebihnya botol medela dengan dotnya pake rubber yang pigeon.
- botol penampung asi
ini buat yang mau nyimpen asi di freezer..kurang praktis c karena harus nyuci2 and sterilize dulu tapi keuntungannya lebih murah dari kantong asi
- kantong asi
ini juga buat nyimpen asi..praktis karena ga perlu desterilize dulu pas mau make tapi diitung2 mahal yah karena sekali pake langsung buang…
gw lebih suka yang merk giant karena kantongnya lebih tebal and ga keplek2…
tapi harganya itu lumayan mahal…gw beli di baby shop di bogor..untuk yg merk giant 89000 20 pcs and yg gerber 109000 25 pcs truz yang lebih mahal merk medela 159000
- Cooler box
Ini buat nyimpen asi hasil perahan nanti di kampus ato kantor yah..mendingan pake cooler box biasa kali yah daripada cooler box khusus asi karena cooler box yang sama ma buat nyimpen minuman dingin itu tahan bisa 8-12 jam sementara cooler box biasa (gw punya medela and tomeetippee itu Cuma tahan 6 jam dengan blue icenya) blue icenya bisa beli di ace hardware..bentuknya macem2 disana ampe gw juga bingung waktu belinya.
- Breast pad
Gw Cuma nyoba merk pigeon..enak dipake..bentuknya tipis…
Berdasarkan pengalaman lebih baik belinya di baby shop daripada di supermarket…beda harganya lumayan jauh…
Kalo di bogor gw beli di baby house yang 90 Cuma 60 ribu sementara di giant harganay 99rb. Bedanya ampe 30 ribu gitu
- Sterilizer
Ini perlu ga perlu yah..kalo yang bisa mensteril dengan merebusnya saja sterilizer ga perlu cukup punya panic khusus steril ajah..tapi berhubung gw takut meleleh kalo ngerebus nyaa nanti kelamaan gw beli sterilizer…gw punya dua..satu beli sendiri satunya lagi kado..hehehehee…banyak yg recommended merk panasonic karena dia langsung dryer tapi waktu beli gw ga tahu belinya dimana jadi beli di abbayshop merk giant yang nampung cukup banyak botol uat disterilisasi…
- Bottle warmer
Ini c menurut gw ga perlu2 amat..berhubung gw dapet dari kado Alhamdulillah tetep bisa make praktis buat menghangatkan asi…kalo mau lebih murah dan praktis asi cukup dihangatkan dengan direndam di air hangat..

3. Toiletries
- Minyak telon
Semua baby butuh ini tentunya..buat membantu menghangatkan dan mencegah perutnya kembung
- Baby oil
Gw pake baby oil buat pijet sekalian membantu membersihkan kulit qila sebelum mandi
- Sabun and shampoo
Macem2 tergantung selera dan kebutuhan kulit bayi…kalo yg bakat alerginya tinggi biasanya pake sebamed kalo qila merk Johnson&Johnson ato switsal aja cukup
- Cream ruam popok yang mengandung zinc
Gw beli merk switzal karena direkomendasikan tante gw…ruam popoknya cepet ilang pake ini tapi gw jarang make juga karena qila ga pernah ada ruam popoknya lagi

Yang perlu diinget bayi ga boleh pake bedak tabur karena bikin alergi katanya jadi pake bedaknya setelah 3 bulan atau pake bedak cair aja…kalo mo pake bedak jangan ditaburin pake puff tapi harus digosok dulu pake tangan supaya ga belepotan bedaknya and terhirup si bayi
4. Other
- Diapers bag
Gw punya 6…satu beli sendiri selebihnya kado dari orang…banyak macemnya nih dari yang harganya Cuma 100rban ampe yang keren harganya berjuta2…gw c cukup nyaman pake yang dah ada..karena tasnya ga berat walaupun ga ada kantong2 khususnya tapi ada perlak and tempat nyimpen botol susunya…
- Gunting kuku bayi
Kuku bayi itu cepet tumbuhnya…qila itu suka menggosok2an tangannya ke muka hasilnya mukanya terkena cakaran kukunya kalo ga rajin dipotong
- Perlak
Beli perlak ga Cuma yg ukuran standar beli juga yang kecil ukuran 30x40 cm kira2…buat alas kalo kita gendong biar ga kena pipis ato pubnya
- Sedotan ingus
Ini buat jaga2 kalo bayinya kena pilek

Buat belanja baby stuff di bogor gw suka blanja di baby house yang di jaalan pajajaran deket perempatan ekalokasari plaza ma di tiara baby shop di turunan dari jalan siliwangi menuju pajajaran…
Di dua took itu baby stuffnya cukup lengkap dan harganya juga ga jauh ma di itc2 di Jakarta dan tempatnya enak dan nyaman buat belanja..bedanya kalo di tiara itu bentuknya masih serupa toko biasa tapi kita ambil barang sendiri..pengaturan barangnya masih agak berantakan..enakny kalo kita belanja lumayan banyak bisa dikasi diskon..kalo baby house bentuknya udh kayak swalayan..pengaturan barangnya lebih rapi tapi mau belanja banyak ga akan dapet diskon…harga kedua toko itu juga ga terlalu beda jauh…kalo buat baju2 di tiara lebih banyak pilihan…
selain itu kalo mau belanja lebih praktis sekarang banyak shopping online tinggal search mo nyari apaan truz bandingin deh harganya...selain bandingin harga per situs bandingin juga ma baby shop langganan kita karena pengalaman gw ada item2 yang beda harganya ampe 30 rban buat item kecil kayak baju ato kaos kaki..

mmm..apaan lagi yah…segitu dulu yah….kalo ada yang mau menambahkan dan mengoreksi silahkan…





semua bilang aku cantik

1 komentar:

  1. resna aku tak tau dirimu ngeblogggg... gw link yaaaaaaak ke blog gw hehehe :D

    BalasHapus

© ME AND MINE 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis